Thursday 26 December 2019

Big Mac Index

Big Mac Index adalah indeks ekonomi yang membandingkan purchasing power dua mata uang. Dilihat dari seberapa mahal Big Mac di negara yang berbeda.

Indeks Big Mac pertama kali ditulis dalam majalah The Economist pada September 1986. Mereka telah menerbitkan indeks setiap tahunnya sejak saat itu. McDonald Big Mac dipilih karena dibuat dengan bahan yang sama di berbagai negara di dunia.

Tingkat pertukaran antara dua negara dapat dibandingkan dengan membagi harga burger di satu negara (dengan mata uangnya) dengan harga burger di negara lain. Nilai ini kemudian dibandingkan dengan tingkat pertukaran mata uang terbaru. Jika tingkat mata uangnya jauh lebih rendah dari mata uang pertama maka nilainya di bawah rata-rata (menurut Purchasing Power Parity) jika dibandingkan dengan mata uang yang kedua. Jika mata uangnya lebih tinggi, maka mata uang pertama diharga terlalu tinggi.


For example, using figures in July 2008:[1]

the price of a Big Mac was $3.57 in the United States
the price of a Big Mac was £2.29 in the United Kingdom (Britain)
using exchange rates at July 2008, the Big Mac in Britain could be bought for $4.57
the implied purchasing power parity was 1.56, that is the local price in Britain divided by the price in the United States
this compares with an actual exchange rate of $2.00 to £1 at the time
the pound was thus overvalued against the dollar by 28%
i.e. the actual exchange rate divided by implied purchasing parity -> 2 divided by 1.56 = 1.28

No comments:

Post a Comment