Thursday 26 December 2019

Boikot

Boikot adalah sebuah protes pembangkangan dimana pemrotes tidak ingin membeli produk atau memberikan uang kepada perusahaan. Ketimbang membeli produk tertentu, mereka juga membeli barang yang sama dari perusahaan lain.

Kata ni pertama kali dibuat saat Perang Tanah Irlandia (Irish Land War). Berasal dari Nama Kapten Charles Boycott. Boycott bertugas menjaga tanah pemilik County Mayo, Irlandia pada tahun 1880. Pada saat itu orang yang menginginkan biaya tanah agar lebih rendah. Boycott menolak, dan mengusir mereka dari tanah yang mereka sewa. Liga Tanah Irlandia kemudian melamar dan ketimbang melakukan dengan kekerasan, semua komunitas masyarakat berhenti melakukan bisnis dengan Captain Boycott. Kapten ini kemudian diisolasi. Tidak ada yang mau menolongnya memanen pertanian, tidak ada yang mau bekerja di rumahnya. Wirausahawan lokal tidak ada yang mau lagi berdagang dengannya. tukang pos pun tidak mengirimkan surat.

Supaya Ia bisa memanen hasil pertaniannya, ia harus merekrut 50 orang dari negara lain, The Counties Cavan dan Monaghan. Mereka kemudian dikawal oleh 1000 polisi. Tentu saja harga yang dicapai jauh lebih mahal dibanding biaya panen tersebut.

No comments:

Post a Comment