Thursday 26 December 2019

Ekonometri

Ekonometri adalah aplikasi dengan metode statistik dan matematika pada data ekonomi untuk mendapatkan sebuah materi yang empiris mengenai hubungan-hubungan yang ada dalam ekonomi. Tepatnya adalah "analisis kuantitatif pada fenomena ekonomi aktual berdasarkan perkembangan teori dan observasi yang bersamaan, berhubungan dengan meraih metode yang layak untuk mendapatkan kesimpulan. Sebuah buku teks pengantar ekonomi menggambarkan ekonometri sebagai penjajakan segunung data untuk mengambil sebuah intisari sederhana. Penggunaan istilah ekonometri pertama kali digunakan oleh ekonom Pawel Ciompa pada tahun 1910. Jan Tinbergen juga dipertimbangkan sebagai bapak ekonometri. Ragnar Frisch juga termasuk orang yang memperkenalkan istilah ekonometri seperti yang kita gunakan saat ini.

Ekonometri adalah cabang ekonomi. Ekonomi adalah penggunaan metode matematika dan statistik untuk menggambarkan hubungan antara kekuatan-kekuatan ekonomi seperti modal (segala macam alat, kerja dan apa saja yang dibutuhkan untuk sesuatu yang berguna), tingkat bunga (harga meminjam uang) dan tenaga kerja.

Banyak ekonometri membuat model yang menjadi gambaran sederhana kehidupan nyata. Model ini kemudian dapat digunakan untuk memprediksi apa yang akan terjadi di dunia nyata.

Contoh ekonometri dapat dilihat dari harga rumah di kota kecil. Seorang ekonom dapat mencoba membuat gambaran sederhana dari harga rumah di kota. Gambaran ini pasti dapat menunjukkan bahwa rumah yang dekat dengan pasar dihargai lebih tinggi. Ekonom juga dapat mengatakan jika ada pasar baru yang dibuat di bagian kota yang lain, harga rumah tersebut juga ikut meningkat. Ekonom juga mengatakan bahwa pasar baru dapat membuat harga lebih rendah di komplek dengan pasar lama, karena pasar baru akan jauh lebih berhasil dan banyak rumah yang dekat dengan pasar. Hal ini membuat orang yang menjual rumah dekat pasar lama akan menjadi jauh lebih rendah, karena masih banyak penjual daripada pembeli.

Model Dasar: Regresi Linear
Alat sederhana dalam ekonometri adalah model regresi linear berganda. Dalam ekonometri modern alat statistik sering digunakan namun regresi linear sebagian besar masih menjadi awalan dalam melakukan analisis. Memperkirakan sebuah regresi linear berganda pada dua variabel dapat terlihat dengan menggambar garis melalui titik data yang mewakili angka berpasangan dari variabel independen dan dependen.

Teori ekonometri menggunakan teori statistik dan matematika untuk mengevaluasi dan mengembangkan metode ekonometri. Ekonometrisian mencoba untuk menemukan perkiraan yang mempunyai ciri-ciri statistik yang dapat menggambarkan suatu kejadian ekonomi tanpa bias, efisien dan konsisten. Ekonometri terapan menggunakan teori ekonometri dan data empiris untuk menilai dan menguji sebuah teori ekonomi, mengembangkan model ekonometri dan menganalisis sejarah ekonomi dan peramalan.

Contohnya, diketahui hukum Okun, yang berhubungan dengan pertumbuhan PDB terhadap tingkat pengangguran. Hubungan ini disajikan dalam regresi linear saat adanya perubahan pada tingkat pengangguran (delta pengangguran) adalah sebuah fungsi yang ntercept, dikeahui nilai pertumbuhan GDP ditambah dengan koefisien kemiringan dan kesalahan.

No comments:

Post a Comment