Thursday 26 December 2019

2252 - A Global Forecast for the Next Forty Years

2252 - A Global Forecast for the Next Forty Years adalah deskripsi tren perkembangan global dari Jorgan Randers, itu adalah tindak lanjut dari Limits to Growth yang pada tahun 1972 merupakan laporan pertama yang diketahui di seluruh dunia untuk Club of Rome.

Ada tiga perbedaan dengan laporan sebelumnya. Pertama, laporan ini tidak mendeskripsikan skenario bencana, namun hanya menunjukkan tren. Kedua, laporan ini dibaca sebagai pengalaman ringan semenjak tahun 1972, di mana seluruh kemanusiaan telah menanggapi laporan ini namun dengan penundaan sampai 20-40 tahun ke depan. Ketiga, laporan ini tidak hanya menawarkan skenario masa depan, namun juga membuat proposal konkrit tentang bagaimana individu sebaiknya menanggapi perkembangan yang muncul.

Perkiraan Global
Refleksi Rander didasarkan pada dua pertanyaan sentral: "Apa yang akan terjadi pada konsumen pada 40 tahun ke depan?" dan "Pada kondisi itu - di mana lingkungan sosial dan alam - Bagaimana konsumsi di masa depan terjadi?" Dia menggunakan model komputer untuk meyakinkan dampak timbal balik yang tak dapat dilihat.

Perkiraan mengenai Populasi dan Konsumsi
Populasi akan menurun pada tahun 2040. Angka populasi tenaga kerja akan memuncak pada tahun 2030. Produktivitas akan tumbuh namun akan terjadi hambatan. PDB akan bertumbuh, namun menjadi jauh lebih lambat. Investasi -yang terpaksa dan sukarela - akan bertambah. Namun akan ada harga baru untuk membalasnya. Harga untuk mengadaptasi terhadap cuaca baru dan perbaikan terhadap bencana akan meledak. Keterlibatan peran antar negara akan semakin berpengaruh. Konsumsi akan mencapai tingkat stagnansi dan menurun pada beberapa tempat.

Perkiraan mengenai Energi dan CO2
Efisiensi energi akan terus berlanjut dan meningkat. Permintaan energi diekspektasikan akan meningkat namun terbatas. Emisi CO2 dari konsumsi energi akan meningkat pada tahun 2030. Suhu udara akan naik dua derajat, dan akan menjadi masalah yang serius.

Perkiraan mengenai nutrisi pangan dan Jejak Ekologi
Pertumbuhan sumber daya alam akan menjadi sangat sulit, karena biokapasitas dunia akan terus digunakan sebanyak mungkin. Kota menjadi sumber yang sangat kaya akan barang mentah seperti besi dan baja daripada penambangan alam. Dalam hal yang sama kebun binatang akan menjadi pengungsian terakhir bagi spesies yang terancam punah, taman akan mengambil peran sebagai cagar alam

Masa Depan Non-Fisik
Rander berargumen bahwa PDB global akan gagal meningkat seperti di masa lalu karena penurunan populasi, penuaan dan menurunnya pertumbuhan produktivitas.

Internet akan memberikan peningkatan yang menyeluruh terhadap pemahamam baru dalam hal swasta dan publik. Pengetahuan tidak menjadi sumber yang langka lagi, namun hal ini tidak mengarah pada keputusan rasional pada kasus tertentu, karena pengetahuan telah berjalan secara sendiri dan tidak cukup untuk mengubah perilaku dimana minat yang kuat dilibatkan. Lebih-lebih, bisa jadi akan ada keperluan untuk komunitas hijau yang memaksa untuk berperilaku ramah lingkungan seperti saat ini.

No comments:

Post a Comment