Wednesday 25 December 2019

Ekonomi Klasik

Ekonomi klasik adalah aliran pemikiran ekonomi pertama. Pendiri aliran ini termasuk Adam Smith, Jean-Baptiste Say, David Ricardo, Thomas Malthus dan John Stuart Mill

Adam Smith - The Wealth of Nation

Buku Adam Smith The Wealth of Nation (1776) adalah awal ekonomi klasik. Smith mengatakan bahwa jika semua orang melakukan apa yang terbaik untuk mereka sendiri, hasilnya akan menjadi terbaik untuk masyarakat. Sebelum itu, ekonomi hanya menjadi ketertarikan pribadi raja, dan kekayaan bangsa diukur dari harta kerajaan. Smith mengatakan bahwa apa yang terpenting adalah apa yang terbaik untuk seluruh bangsa, dan kekayaan harus dihitung oleh pendapatan tahunan setiap negara. Dia ingin menemukan bagaimana kekayaan dapat tumbuh dan bagaimana orang-orang dapat melakukan hal yang mendukung pertumbuhan tersebut. Dalam buku Smith mengatakan bahwa tanah, tenaga kerja dan modal adalah faktor produksi dan kontributor utama dalam kekayaan bangsa.

Harga secara alami menyesuaikan kurang lebih sebagai permintaan dan penawaran. Jika terlalu berlebihan (lebih banyak penawaran) harga akan turun dan banyak orang memiliki alasan untuk membelinya. Jika banyak orang yang meminta sesuatu (permintaan tinggi) maka tidak akan cukup untuk semua orang (kelangkaan), maka ada kompetisi di antara orang-orang yang ingin membeli barang itu, dan beberapa akan setuju untuk membayar lebih untuk mendapatkan apa yang mereka mau, dan harga bergerak naik.

Smith mengatakan pasar harus bebas. Pada masanya, beberapa perusahaan perdagangan besar (seperti VOC) dikendalikan oleh pemerintah. Beberapa penguasa membuat aturan demi kebaikan mereka sendiri namun bukan untuk pekerja atau konsumen. COntohnya dalam penjajahan Amerika, penjajah dapat menumbuhkan kapas tapi tidak diizinkan secara bebas untuk membuat pakaian dari tumbuhan ini. Mereka harus mengirimkan kepada Inggris untuk membuatnya menjadi pakaian, dan membelinya kembali setelah jadi. Smith mengatakan hal ini sangat buruk bagi individu dan masyarakat. Dia berpikir bahwa jauh lebih baik jika uang mengalir bebas dan alami diantara penjualan dan pembeli tanpa interferensi luar. Uang akan mengalir kepada penjual yang membuat produk terbaik dengan harga terbaik. Hal ini terjadi jika orang-orang melakukan apa yang terbaik untuk mereka, dan hal itu menjadi yang terbaik untuk masyarakat seluruhnya, hampir seperti tangan tak terlihat yang membimbing segalanya.

No comments:

Post a Comment