Saturday 2 March 2019

Ekonomi

Ekonomi adalah ilmu sosial yang mempelajari tentang produksi, distribusi, dan konsumsi barang dan jasa. Ekonomi berfokus pada perilaku dan interaksi agen ekonomi dan bagaimana ekonomi dapat bekerja. Mikroekonomi menganalisis elemen dasar dalam ekonomi, termasuk agen individual, pasar, interaksi mereka, dan hasil dari interaksi. Agen individual contohnya seperti, rumah tangga, pabrik, pembeli, dan penjual. Makroekonomi menganalisis keseluruhan ekonomi (berarti produksi agregat, konsumsi, tabungan, dan investasi) dan masalah yang mempengaruhinya, termasuk pengangguran sumber (tenaga kerja, modal, dan tanah), inflasi, pertumbuhan ekonomi, dan kebijakan politik yang mengalamatkan masalah ini (moneter, fiskal, dan kebijakan lain).

Perbedaan cakupan dalam ekonomi diantaranya meliputi ekonomi positif yang menjelaskan "apa itu" dan ekonomi normatif, menganjurkan "apa yang seharusnya"; antara teori ekonomi dan ekonomi terapan; antara ekonomi rasional dan perilaku; dan antara ekonomi arus utama dan ekonomi heterodoks.

Analisis ekonomi dapat diterapkan di seluruh masyarakat, dalam bisnis, keuangan, perawatan kesehatan, dan pemerintah. Analisis ekonomi kadang-kadang juga diterapkan pada beragam subyek seperti kejahatan, pendidikan, keluarga, hukum, politik, agama, lembaga sosial, perang, sains, dan lingkungan.

No comments:

Post a Comment