Thursday 15 June 2023

Kewirausahaan

Pengusaha adalah orang yang mengorganisir usaha untuk mendapatkan keuntungan dari peluang, daripada bekerja sebagai karyawan. Pengusaha memainkan peran kunci dalam ekonomi apa pun. Mereka adalah orang-orang yang memiliki keterampilan dan inisiatif yang diperlukan untuk mengantisipasi kebutuhan saat ini dan masa depan serta membawa ide baru yang bagus ke pasar.

Pengusaha yang berhasil mengambil risiko dari sebuah startup akan mendapatkan keuntungan, ketenaran, dan peluang pertumbuhan yang berkelanjutan. Mereka yang gagal menderita kerugian dan menjadi kurang penting di pasar. Banyak yang gagal, merugi, dan menutup bisnis.[1] Pengusaha menanggung semua risiko dan manfaat dari usaha dan biasanya satu-satunya hak milik, mitra atau pemilik mayoritas saham dalam usaha yang tergabung. Sebagai pembuat keputusan utama pengusaha memantau dan mengendalikan kegiatan bisnis.

Menurut Joseph Schumpeter (1883 - 1950) pengusaha menganggap laba sebagai ukuran pencapaian atau kesuksesan. Dia menemukan bahwa mereka:

     Nilai kemandirian;
     Berjuang untuk perbedaan melalui keunggulan;
     Sangat optimis;
     Menyukai tantangan dengan risiko sedang.

Kewirausahaan terkadang dikategorikan di antara faktor-faktor produksi, bersama dengan tanah/sumber daya alam, tenaga kerja dan modal. Pengusaha menggabungkan ini untuk memproduksi barang atau menyediakan layanan. Dia biasanya membuat rencana bisnis, mempekerjakan tenaga kerja, memperoleh sumber daya dan pembiayaan, dan memberikan kepemimpinan dan manajemen untuk bisnis.

Pengusaha umumnya menghadapi banyak kendala ketika membangun perusahaan mereka.

Mengingat risiko dari usaha baru, perolehan dana modal sangat menantang, dan banyak pengusaha menghadapinya melalui bootstrapping.

Sementara beberapa pengusaha adalah pemain tunggal yang berjuang untuk memulai bisnis kecil dengan sedikit uang, yang lain mengambil mitra yang dipersenjatai dengan akses yang lebih besar ke modal dan sumber daya lainnya.
Definisi Kewirausahaan

Ekonom tidak pernah memiliki definisi yang konsisten tentang "pengusaha" atau "kewirausahaan" (kata "pengusaha" berasal dari kata kerja Prancis entreprendre, yang berarti "melakukan"). Meskipun konsep pengusaha ada dan dikenal selama berabad-abad, para ekonom klasik dan neoklasik meninggalkan pengusaha dari model formal mereka:

Mereka berasumsi bahwa informasi yang sempurna akan diketahui oleh aktor yang sepenuhnya rasional, tidak menyisakan ruang untuk pengambilan risiko atau penemuan. Baru pada pertengahan abad ke-20 para ekonom secara serius berusaha memasukkan kewirausahaan ke dalam model mereka.

Tiga pemikir menjadi pusat masuknya pengusaha: Joseph Schumpeter, Frank Knight dan Israel Kirzner. Schumpeter menyarankan agar pengusaha – bukan hanya perusahaan – bertanggung jawab atas penciptaan hal-hal baru untuk mencari keuntungan. Knight berfokus pada pengusaha sebagai pembawa ketidakpastian dan percaya bahwa mereka bertanggung jawab atas premi risiko di pasar keuangan. Kirzner menganggap kewirausahaan sebagai proses yang mengarah pada penemuan.[2]
Referensi

No comments:

Post a Comment