Thursday 15 June 2023

Laporan Keuangan

Dalam bisnis, laporan keuangan adalah dokumen terorganisir yang memiliki informasi keuangan, seperti pendapatan dan transaksi, seseorang, perusahaan, pemerintah, atau organisasi. Mereka digunakan oleh orang-orang dan organisasi ini untuk membuat keputusan tentang subjek (orang atau organisasi tentang laporan keuangan), seperti apakah akan berinvestasi di perusahaan atau tidak dan berapa harganya.
Laporan keuangan dasar

Laporan keuangan dapat ditulis dalam berbagai bentuk, tetapi di sebagian besar negara terdapat empat (4) laporan keuangan dasar yang standar. Mereka:
Laporan Posisi Keuangan (Neraca)

Laporan Posisi Keuangan (Neraca) adalah laporan keuangan yang mencakup semua yang dimiliki bisnis (disebut aset) dan utang bisnis (disebut kewajiban, yang juga mencakup utang) pada tanggal tertentu. Jumlah utang bisnis kepada pemiliknya disebut ekuitas (juga mewakili jumlah investasi pemilik ke dalam bisnis).

Untuk individu pribadi (orang yang tidak dalam bisnis), aset dapat berupa rumah atau mobil mereka, dan tanggung jawab mereka dapat berupa hipotek dan kartu kredit.

Laporan Posisi Keuangan adalah potret kesehatan keuangan bisnis pada tanggal tertentu.
Laporan Laba Rugi (Income Statement / Profit or Loss Account)

Laporan Laba Rugi (atau Laporan Laba Rugi) menunjukkan laba atau rugi yang diperoleh selama tahun berjalan dengan mempertimbangkan pendapatan yang dihasilkan selama tahun tersebut (apakah pembayaran diterima atau tidak) dikurangi biaya yang dikeluarkan selama tahun tersebut (apakah biaya tersebut telah telah diselesaikan atau belum).
Laporan Perubahan Ekuitas

Laporan ekuitas pemilik menunjukkan pergerakan investasi pemilik dalam bisnis. Dalam kasus perusahaan, ini memisahkan jumlah investasi dari jumlah yang termasuk dalam Cadangan Modal dan Pendapatan.
Laporan Arus Kas
Laporan Arus Kas adalah laporan keuangan yang menunjukkan transaksi yang melibatkan kas selama satu tahun yang dikategorikan berdasarkan Aktivitas Operasi, Investasi dan Pendanaan, sehingga menjelaskan pergerakan Kas dan Setara Kas selama tahun tersebut.

No comments:

Post a Comment