Thursday 15 June 2023

Koperasi

 Kooperatif adalah adalah ketika beberapa orang bersatu dalam kerja sama untuk mencapai tujuan bersama. Ini adalah jenis organisasi yang digunakan untuk mempermudah kehidupan para anggotanya; biasanya tidak terfokus pada mencari keuntungan, melainkan berfokus pada melayani kebutuhan anggota.

Karakteristik

Kepemilikan koperasi dapat memiliki rincian yang berbeda tentang apa arti kepemilikan dan bagaimana kerjasama bekerja. Struktur dasar kepemilikan koperasi memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

     Kepemilikan didasarkan pada partisipasi sukarela
     Anggota koperasi juga pengguna (juga dikenal sebagai patron)
     Pengambilan keputusan dilakukan atas dasar satu anggota = satu suara

Koperasi adalah organisasi demokratis yang dimiliki oleh orang-orang yang menggunakannya. Organisasi koperasi membantu orang beradaptasi dengan kapitalisme.
Sejarah dan contoh

Koperasi pertama adalah sebuah toko di Rochdale, Inggris dimulai pada tahun 1844. Orang-orang yang memulai menginginkan makanan yang lebih murah dan kualitas yang lebih baik. Sejak itu, orang telah menemukan banyak cara untuk bekerja sama.

Contoh koperasi:

     Petani menyediakan transportasi dan pemasaran mereka sendiri untuk mendapatkan harga yang lebih baik untuk hasil panen mereka
     Orang miskin melindungi diri dari rentenir, dan pekerja menabung untuk masa pensiun mereka (seperti dalam serikat kredit)
     Nelayan mengemas ikan mereka untuk mendapatkan harga yang lebih baik
     Penduduk desa menyediakan sendiri listrik atau air
     Penghuni memiliki gedung apartemen sendiri

Aliansi Koperasi Internasional dimulai pada tahun 1885. Dilaporkan bahwa ada 800 juta anggota koperasi di dunia.

No comments:

Post a Comment