Thursday 15 June 2023

Merk Dagang

 Merek dagang (atau merek dagang) adalah cara bisnis untuk membantu orang mengidentifikasi produk yang dibuat bisnis dari produk yang dibuat oleh bisnis lain. Merek dagang dapat berupa nama, kata, frasa, simbol, logo, desain, atau gambar. Itu hanya dapat digunakan pada hal-hal yang dibuat oleh bisnis yang memiliki merek dagang.

Misalnya, Coca-Cola dan Coke adalah nama merek dagang untuk minuman tertentu yang dibuat oleh Perusahaan Coca-Cola. Tidak ada bisnis lain yang boleh menggunakan nama ini atau nama apa pun yang mirip dengannya. Bisnis lain dapat membuat minuman yang serupa, seperti minuman ringan cola, tetapi harus menggunakan nama yang berbeda untuk minumannya, seperti Pepsi.

Contoh lain adalah perusahaan Nike yang membuat barang-barang olahraga seperti sepatu dan pakaian. Simbol "swoosh" yang digunakan pada produk mereka adalah merek dagang.

Merek dagang terkenal seperti Coca-Cola dan Nike digunakan untuk merek seluruh keluarga produk.
Merek dagang dan hukum

Merek dagang untuk pembuat roti pertama kali dimasukkan dalam undang-undang pada abad ke-13 di Inggris. Prancis memperluas undang-undang merek dagang pada akhir abad ke-19 dan diikuti oleh negara-negara lain.

Di Amerika Serikat, hukum yang mengatur merek dagang adalah Lanham Act, di Jerman Markengesetz.
Mendapatkan merek dagang

Merek dagang dilindungi oleh hukum. Di beberapa negara, seseorang atau perusahaan bisa mendapatkan merek dagang hanya dengan menggunakan nama, kata, frasa, simbol, logo, desain, atau gambar pada produknya.

Merek dagang juga dapat didaftarkan. Dalam hal ini, bisnis memberi tahu pemerintah negaranya bahwa ia ingin menggunakan nama, kata, frasa, simbol, logo, desain, atau gambar tertentu sebagai merek dagang untuk produk yang dijualnya. Jika tidak ada orang atau bisnis lain yang menggunakan merek dagang tersebut untuk menjual produk tersebut, maka pemerintah akan mendaftarkan merek dagang tersebut. Setelah terdaftar, tidak ada orang lain yang dapat menggunakan merek dagang tersebut untuk produk tersebut. Ini disebut "mendaftarkan" merek dagang.
Menggunakan merek dagang orang lain

Jika seseorang menggunakan merek dengan cara yang salah, pemilik merek dapat menuntut orang lain tersebut. Jika pengadilan memutuskan bahwa orang lain tidak diizinkan menggunakan merek dagang, mereka mungkin harus membayar ganti rugi kepada pemilik merek dagang.

Jika orang lain ingin menggunakan merek dagang yang bukan miliknya, mereka dapat meminta izin kepada pemilik merek dagang. Pemilik merek dagang dapat memberikan lisensi kepada orang lain. Orang lain biasanya harus membayar sejumlah uang kepada pemilik merek dagang untuk mendapatkan lisensi. Ini bisa dalam bentuk persentase biaya produk yang dijual orang lain yang disebut royalti. Misalnya, seseorang mungkin membayar Nike sepuluh persen (10%) dari biaya setiap pasang sepatu yang dijualnya untuk hak menyertakan Swoosh.
Menandai produk dengan merek dagang

Ketika orang menulis kata yang merupakan merek dagang atau menunjukkan gambar atau simbol yang merupakan merek dagang, mereka harus mengatakan bahwa itu adalah merek dagang. Jika merek dagang tidak didaftarkan, mereka dapat menulis kata "Merek Dagang", menggunakan singkatan "TM", atau menggunakan simbol ™ pada produk mereka.

Jika merek terdaftar, mereka dapat menggunakan huruf R dalam simbol lingkaran: "®". Orang juga bisa mengatakan itu adalah "merek dagang terdaftar" atau menggunakan singkatan "Reg.".
Tanda layanan
Merek dagang digunakan untuk produk. Bisnis yang melakukan sesuatu untuk orang alih-alih membuat sesuatu disebut penyedia layanan. Mereka bisa mendapatkan merek layanan alih-alih merek dagang. Saat orang menulis atau menunjukkan tanda layanan, mereka dapat menggunakan simbol tanda layanan: "℠".

No comments:

Post a Comment