Thursday 15 June 2023

Sumber Daya Manusia

Sumber daya manusia adalah semua orang yang bekerja untuk perusahaan atau organisasi. Terkadang, modal manusia juga digunakan. Ini karena karyawan (orang yang bekerja) adalah hal yang baik untuk bisnis karena mereka memberi nilai tambah padanya.

Ekonom John Commons menggunakan istilah "sumber daya manusia" dalam bukunya tahun 1893, The Distribution of Wealth, tetapi tidak mengembangkannya lebih lanjut. Konsep "sumber daya manusia" digunakan selama tahun 1910-an dan 20-an dalam arti bahwa pekerja dianggap sebagai jenis aset modal. Untuk pertama kalinya dalam pengertian modern, konsep "sumber daya manusia" digunakan oleh ekonom Edward Bakke dalam laporannya pada tahun 1958.

Contohnya adalah guru, dll.

Penting bahwa sumber daya manusia dalam suatu perusahaan adalah yang terbaik, karena pekerjalah yang dapat membuat perbedaan. Ada banyak faktor yang perlu dipikirkan ketika berbicara tentang sumber daya manusia:

     Demografi, yaitu hal-hal seperti usia dan jenis kelamin orang. Penting bahwa ada orang muda baru yang memulai dan orang tua dengan banyak pengetahuan seputar bisnis.
     Keragaman, sehingga semua jenis orang terwakili secara setara.
     Keterampilan dan kualifikasi: penting bahwa hanya orang dengan keterampilan yang tepat yang melakukan pekerjaan. Kalau tidak, itu akan kehilangan waktu dan uang.

Manajemen sumber daya manusia adalah sekelompok orang di dalam perusahaan yang menangani sumber daya manusia. Mereka memastikan setiap karyawan senang dengan apa yang mereka lakukan. Mereka juga melakukan rekrutmen (mencari orang baru untuk suatu pekerjaan).

No comments:

Post a Comment