Thursday 26 November 2020

Awal Peradaban Republik Romawi Kuno

Republik Romawi didirikan oleh Romulus pada tahun 750 BC. Negeri ini sebelumnya adalah kerajaan sampai 510 BC, ketika raja terakhir, Lucius Tarquinius Superbus dijatuhkan dan diubah menjadi republik. Republik Romawi memiliki peradaban selangkah lebih maju pada masanya dan sangat terdepan. Republik Romawi memilih konsul, yang mengatur kekuasaan pada masa singkat. Beberapa gagasan Republik Romawi masih digunakan sampai saat ini.

Akhir dari republik ini masih dalam perdebatan, beberapa ilmuwan memberikan penanggalan yang berbeda terkait hal tersebut. Biasanya penanggalan awal Triumvirates pertama atau Triumvirate kedua yang dilacak. (Triumvirates adalah kelompok tiga pria yang memiliki kekuatan).

Pada akhir republik sering ikatakan saat Gaius Julius Caesar ditunjuk menjadi diktator (penguasa tunggal) oleh Senat Romawi. Ini terjadi setelah serangkaian perang sipil yang terjadi sekitar 49 BC sampai 44 BC.

Beberapa orang mengatakan republik Romawi berakhir ketika terjadi Pertarungan Actium antara Marcus Antonius dan Octavian. Mereka termasuk dalam anggota Triumvirates kedua. Pertarungan ini terjadi pada 2 September tahun 31 SM. Octavian menang, di kemudian hari ia memproklamasikan diri sebagai Kaisar Romawi. Pada akhir penanggalan juga dikatakan Octavian adalah orang pertama yang mendapatkan gelar Augustus. Kejadian ini terjadi pada tanggal 16 Januari tahun 27 SM.

Ini adalah pandangan modern. Dalam sudut pandang kaisar Awal, istilah res publica (yang diterjemahkan menjadi Republik) masih ada. Istilah ini berarti "dibawah perlindungan". Mereka menjanjikan pada suatu hari, akan dikembalikan kepada bentuk aslinya. Hal ini tidak pernah terjadi. Maka Republik Romawi berakhir, dan ini menandai awalnya kekaisaran Romawi.

Republik mendapatkan kekayaan dari perdagangan dan perpajakan. Republik memiliki sedikit musuh, tapi secara tetap mereka melakukan perang terhadap Gauls, yang menjatuhkan Caesar nantinya. Perang Punic melawan Carthage terjadi di tanjung Mediterranian, tepatnya terjadi sengketa Perdagangan di Sicily. Musuh ketiga nantinya adalah suku Germanic atau Barbarians (orang tak beradab).

Republik menderita banyak sekali bencana alam sampai Spartacus (pemimpin pemberontakan) mengalahkan pasukan sebelum ditangkap, Republik Romawi menderita di tangan Hannibal,  yang setelah melintasi Pegunungan Alpen mengalahkan Tentara Romawi di Cannae dan banyak pertempuran lainnya yang membuat Roma sangat takut dihancurkan oleh Hannibal

https://simple.wikipedia.org/wiki/Roman_Republic

No comments:

Post a Comment