Sunday 22 November 2020

Literasi Geografis

Sebagaimana didefinisikan oleh National Geographic, literasi geografis adalah kemampuan dalam menggunakan pemahaman geografi dan sebab geografis untuk membuat keputuan.


Sejarah

Istilah literasi geografis (geo-literacy) muncul dari masyarakat geografi nasional "bertarung melawan iliterasi geografis". Organisasi ini menerbitkan berbagai media yang menolong menjelaskan konsep geografi kepada khalayak umum. Dalam sebuah editorial, Daniel C. Edelson, wakil presiden dari Pendidikan National Geographic mengatakan "masyarakat geografi nasional memperhatikan literasi geografis yang berasal dari misi kita. Kita melihat literasi geografis sebagai alat untuk menyajikan yang membangun komunitas untuk melindungi sumber daya alam dan budaya, mengurangi konflik kekerasan, dan meningkatkan kualitas hidup sedunia. Meskipun begitu memiliki populasi geo-literasi juga memiliki peran penting dalam memperoleh dan mempertahankan kompetisi ekonomi, kualitas hidup, dan sekuritas nasional dalam dunia modern dan terinterkoneksasi. dan dengan menerbitkan berbagai media untuk menolong menerangkannya kepada khalayak umum. Sebagai tambahan, masyarakat nasional geografi juga membuka sumbangan demi literasi geografis, dimana donasi ini digunakan untuk menolong memberi sumbangan kepada pendidikan, pengembangan profesional untuk pendidik, juga program untuk menolong membangun kesadaran dan pentingnya literasi geografis.

Komponen

Berdasarkan Edelson, 3 komponen geo-literasi adalah
  • Interaksi-pemahaman sistem manusia dan alam
  • Interkoneksi- Geographic Reasoning
  • Implikasi-pembuat keputusan sistematis


Aktivitas Pendidikan


Masyarakat anak dunia, sebuah situs yang menyajikan aktivitas edukasional multikultural untuk mengajarkan anak-anak tentang dunia dan yang mendaftarkan serangkaian pembelajaran layak umur untuk meningkatkan literasi geografis pada siswa sekolah dasar.

  • Menjelajah berbagai rumah di sekitar dunia dan menebak tipikal rumah yang cocok dengan lingkungan mereka
  • Menjelajah beragam hari libur di berbagai budaya tertentu, apa yang membuatnya penting, bagaimana asal mula hari budaya itu, serta alasan dan sebabnya
  • Menginvestigasi berbagai habitat dan bioma seperti hutan hujan tropis, dan menemukan cara yang nyata untuk mencegah kehancuran lingkungan
  • Melingkungi anak-anak dengan geografi, pembelajaran peta, membuat peta, mengikuti peta dan bermain dengan peta. Semakin dapat meningkatkan kecerdasan spasial saat mereka muda, anak semakin memahami tempatnya di dunia.
  • Mempelajari tentang siklus air, menjaga dan mengelola sumber air bersih
  • Meneliti binatang kesukaan anak dan mengubahnya menjadi pembelajaran global tentang bagaimana habitat mereka, dan sumber makanan mereka, apa keputusan yang dapat dibuat oleh anak yang berdampak pada kelangsungan hewan tersebut


Studi Riset dan Proyek Pendidikan

Pada tahun 2012, Integrate (sebuah usaha komunitas yang bertujuan meningkatkan literasi geografis dan membangun tempat kerja yang dapat menggunakan ilmu geografis untuk memecahkan masalah sosial) menyelenggarakan Pertemuan pada 16-18 Mei 2012.


https://en.wikipedia.org/wiki/Geo-literacy

No comments:

Post a Comment