Monday 25 November 2019

Dalam ekonomi, kata kompetisi berarti setidaknya ada dua kompetitior yang ingin mendapatkan bagian di pasar. Pasar dibagi di antara semua pemain ekonomi; ini berarti bahwa jika seorang pemain mendapat pangsa pasar yang lebih tinggi, pemain lain akan mendapatkan pangsa pasar yang lebih kecil. Dalam karyanya, The Wealth of Nations, Adam Smith mengatakan bahwa semua pemain menggunakan sumber daya yang mereka miliki sehingga mereka akan mendapatkan sebagian besar keuntungan dari sumber daya ini. Menurut Smith, ini mendorong efisiensi. Teori permainan melihat kompetisi, dari sudut pandang matematika.

Macam-Macam Bentuk Kompetisi
1. Produk yang menampilkan fungsi yang sama dan dapat dipertukarkan, berkompetisi satu sama lain, hal ini disebut kompetisi langsung
2. Produk yang menjadi substitusi, contohnya butter pengganti margarin
3. Bentuk luas kompetisi yang disebut kompetisi anggaran. Orang-orang yang memiliki sejumlah uang dapat menghabiskannya setiap bulan, seluruh produk yang dihabiskan konsumen, dalam waktu tertentu dapat bersaing dengan yang lain.

Kompetisi Terbatas
Perlu dicatat bahwa kompetisi belum tentu melibatkan perusahaan yang berbeda-beda, General Motor mempunyai divisi yang tumpang tidak dan berkompetisi demi sumber daya. Procter & Gamble memperkenalkan kompetisi antara merk yang berbeda pada tahun 1930.

Dan perlu dicatat bahwa kompetisi terbatas pada wilayah tertentu, ada monopoli yang sering dikabulkan oleh pemerintah. Pernyataan ini juga berlaku dalam pajak atau pembayaran subside yang menjadi jalan untuk melindungi maslahat ekonomi. Faktor lainnya yang membatasi kompetisi termasuk keberadaan bahan bakar minyak.

No comments:

Post a Comment