Saturday 28 July 2012

Demografi

Demografi adalah studi statistik mengenai populasi, terutama manusia. Dalam sains imum, dapat dianalisis berbagai dinamika kehidupan populasi, contohnya satu yang berubah dalam ruang dan waktu. Demografi menekankan studi besarnya struktur dan distribusi dari populasi, dan perubahan spasial ata temporal di dalamnya, sebagai reaksi terhadap kelahiran, perpindahan, penuaan, dan kematian. Berdasarkan penelitian demografis di bumi, populasi akan meningkat sampai tahun 2050. Dan kehidupan 2100 sedang diestimasi oleh para demografer. Demografi adalah karakteristik kuantifik mengenai populasi tertentu.

Analisis demografis dapat melingkupi seluruh masyarakat atau kelompok dalam hal pendidikan, kebangsaan, agama, dan etnis. Institusi pendidikan biasanya memperlakukan demografi sebagai bagian dari sosiologi, walaupun di dalamnya ada departemen demografi yang merdeka.

Demografi formal membatasi objek studinya terhadap pengukuran proses populasi, sementara cakupan yang lebih besar dari demografi sosial atau studi populasi juga menganalisis hubungan antara ekonomi, sosial, budaya, dan proses biologis yang mempengaruhi populasi.

No comments:

Post a Comment