Saturday 17 August 2019

Psefologi

Psefologi adalah cabang dari ilmu politik yang mempelajari tentang studi dan analisis ilmiah terhadap pemilihan umum.

Psefologi menggunakan historical precinct voting data, public opinion polls, campaign finance information dan data statistik yang serupa. Istilah ini dicetuskan pertama kali pada tahun 1948 di Inggris oleh W.F.R. Hardie setelah ditanyai oleh temannya R.B. McCallum tentang kata yang tepat untuk mendeskripsikan studi pemilihan umum, yang pertama kali ditulis tahun 1952. Voting theory adalah lapangan studi yang berbeda yang mempelajari pemilihan umum dalam perspektif matematis.

Aplikasi
Psefologi adalah bagian dari ilmu politik yang berhadapan dengan pemeriksaan sebagaimana halnya analisis statistik pemilihan umum. Orang yang mempraktikkan psefologi disebut psefolog.

Beberapa alat utama yang digunakan oleh psefolog adalah historical precinct voting data, campaign finance information dan juga data lain yang berhubungan. Polling opini publik juga memainkan peran penting dalam psefologi. Psefologi juga memiliki banyak penerapan spesifik dalam menganalisis hasil pemilihan. Contohnya, gallagher index yang mengukur the disproportionality of an election.

Tidak ada jurusan psefologi (Biasanya psefolog memiliki sarjana dalam ilmu politik dan statistik). Pengetahuan demografis, statistik, dan politik adalah hal yang penting untuk menjadi psefolog.

No comments:

Post a Comment