Sunday 31 May 2015

Pembagian Zaman berdasarkan Keadaan Alam

Berdasarkan gteologi (ilmu yang mempelajari lapisan kulit bumi) waktu sejak mulai terjadinya bumi sampai sekarang, dapat dibagi menjadi beberapa zaman sebagai berikut
  1. Arkhaekkum/Azoikum, berlangsung kurang lebih 2.500 juta tahun. kulit bumi masih sangat panas, karena masih dalam proses pembentukan. belum ada tanda-tanda kehidupan.
  2. Palaezoikum, berlangsung kurang lebiuh 340 juta tahun. Keadaan bumi masih belum stabil. Mulai ada tanda-tanda kehidupan seperti makhluk bersel satu (mikroorganisme), hewan-hewan kecil yang tidak bertulang punggung, ikan, amfibi dan reptil. Ada pula tumbuhan ganggang dan rerumputan. Zaman ini juga disebut zaman primer.
  3. Mesozoikum. Juga dinamakan zaman sekunder. Berlangsung kurang lebih 140 juta tahun. Ilim semakin membaik. Tetapi suhu masih berubah-ubah. Kadang suhu udara tinggi sekali, tetapi ada kalanya rendah sekali. beberrap[a jenis amfibi tumbuh menjadi besar sekali. demikian p[ula reptil mencapai bentuk yang sangatbesar seperti DInosaurus, 12 meter, Tyranosaurus, 30 meter dan Brontosauus yang besarnya sepuluh kali gajah.
  4. Neozoikum atau kainozoikum, berlangsung kurang lebih 60 juta tahun yang lalu sampai sekarang. Zaman neozoikum ini dibagi atas dua zaman yaitu:
    • Zaman Tersier Zaman ini dbagi menjadi bebrapa masa yaitu: Plaosen, Eosen, Oligosen, Miosen dan Pliosen. Pada zaman tersier ini binatang-binatang menysui berkembang pesat, sedangkan reptil-reptil raksasa lambat laut lenyap. Makhluk primata mulai nampak, sejak zaman Palosen.Orang utan mulai ada pada zaman miosn. Pada zaman pliuosen yaitu sekitar 10 juta tahun yang lalu. hidup hewan yang lebih besar dari pada gorilla yang disebut Giganthropus. Hewan ini diteukan di bukit Siwalik di kaki Himalaya, dan di dekat Simla, India Utara.
    • Zaman Kwartier. Zaman ini yang berlangsung sekitar 600.000 tahun yang lalu. Zaman ini dibagi menjadi 2 kala yaitu: Kala Pleistosen (dilluvium) dan kala holosen (alluvium)

No comments:

Post a Comment