Wednesday 24 June 2015

Mobilitas Sosial

Pengertian Mobilitas Sosial
Mobilitas sosial diartikan sebagai gerak perindahan dari suatu gerak perpindahan dari suatu kelas sosial lainnya atau gerak perpindahan dari strata satu ke strata lainnya.

Dalam dunia modern banyak orang berupaya meningkatkan mobilitas sosial. Mereka yakin bahwa hal itu akan membuat orang menjadi lebih sejahtera dan memungkinkan mereka untuk melakukan jenis pekerjaan yang paling cocok bagi mereka. Jika tingkat mobilitas tinggi mesiki latar belakang sosial mereka berbeda mereka akan tetap merasa mempunyai hak yang sama dalam mencapai kedudukan yang lebih tinggi, dan jika mobilitas sosial rendah mereka akan terkungkung dalam status sosial nenek moyangnya.

Mobilitas sosial mempunyai kaitan dengan stratifikasi sosial. Arah gerakan sosial, dapat secara horizontal maupun vertikal. Gerak dapat secara horizontal maupun vertikal. Gerakan horizontal lebih mudah terjadi pada masyarakat yang terbuka karena lebih mungkin berpindah strata. Sebaliknya masyarakat yang tertutup kemungkinan untuk pindah strata mengalami kesulitan.

Bentuk Mobilitas Sosial
  1. Mobilitas Sosial Horizontal. Merupakan peralihan dari individu dari kelompok sosial ke kelompok sosial lainnya yang sederajat.
  2. Mobilitas Sosial Vertikal. Merupakan suatu perpindahan sosial dari satu status ke status yang lainnya dalam strata yang berbeda.
    1. Mobilitas Vertikal ke atas
    2. Mobilitas Vertikal ke bawah
  3. Mobilitas antargenerasi, intragenerasi dan gerak geografis
Mobilitas antargenerasi, merupakan mobilitas antargenerasi secara umum berarti mobilitas dua generasi atau lebih misalnya generasi ayah-ibu, generasi anak, generasi cucu dan seterusnya. Bisa merupakan perkembangan taraf hidup baik naik maupun turun.
Mobilitas intragenerasi adalah mobilitas yang terjadi dalam satu generasi yang sama. Mempunyai du bentuk yaitu intragenerasi naik maupun turun.
Mobilitas sosial geografis adalah perpindahan individu maupun kelompok dari satu daerah ke daerah lainnya, misalnya transmigrasi, urbanisasi dan migrasi

Faktor yang Memengaruhi Mobilitas Sosial
  1. Perubahan kondisi sosial
  2. Ekspansi territorial atau gerak populasi
  3. Komunikasi yang bebas
  4. Pembagian kerja
  5. Tingkat fertilitas yang berbeda
  6. Situasi Politik
Faktor Penghambat Mobilitas Sosial

  • Perbedaan rasial dan agama
  • Diskrimnasi kelas dalam sistem terbuka
  • Kelas-kelas sosial
  • Kemiskinan
  • Perbedaan jenis kelamin dalam masyarakat
Cara Melakukan Mobilitas Sosial

  • Perubahan standar hidup
  • Perubahan tempat tinggal
  • Perubahan tingkah laku
  • Perubahan nama
  • Pernikahan
  • Bergabung dengan asosiasi tertentu
Saluran Mobilitas Sosial

  1. Angkatan Bersenjata
  2. Lembaga Keagamaan
  3. Lembaga Pendidikan
  4. Organisasi Politik

Hubungan Mobilitas Sosial dengan Struktur Sosial

  1. Konflik antar kelas
  2. Konflik antar kelompok sosial
  3. Konflik antar generasi
  4. Penyesuaian kembali

No comments:

Post a Comment