Friday 21 June 2019

The Global Biodiversity Information Facility

The Global Biodiversity Information Facility (GBIF) adalah organisasi internasional yang berfokus dalam membuat data ilmiah mengenai keanekaragaman hayati yang tersedia di internet dengan menggunakan layanan web. Data disajikan dari berbagai institusi di seluruh dunia, Arsitektur informasi GBIF membuat data-data ini menjadi mudah diakses dan dicari hanya dari satu portal. Data yang tersedia lewat portal GBIF berdasarkan distribusi data tentang tanaman, hewa, jamur, mikroba, dan data nama ilmiah.

Misi dari GBIF adalah untuk memfasilitasi secara bebas dan menyajikan akses terbuka mengenai keanekaragaman hayati di seluruh dunia demi mendukungnya pembangunan berkelanjutan. Hal yang diprioritaskan adalah penekanan dalam mempromosikan partisipasi dan bekerjasama, termasuk di antaranya memobilisasi data keanekaragaman hayati, mengembangkan protokol dan standar untuk memastikan integritas saintifik dan interoperabilitas, membangun arsitektur informasi untuk memperbolehkan keterkaitan berbagai tipe data dari sumber yang berbeda, mempromosikan pengembangan kapasitas dan mengkatalisasi pengembangan alat analitis untuk pengambilan keputusan yang lebih baik.

GBIF berupaya untuk membentuk hubungan informatika di antara sumber daya data digital dari seluruh spektrum organisasi biologis, dari gen ke ekosistem, dan untuk menghubungkan ini dengan isu-isu penting bagi sains, masyarakat dan keberlanjutan dengan menggunakan georeferensi dan alat GIS. Mereka bekerja dalam kemitraan dengan organisasi internasional lainnya seperti Katalog kemitraan Hidup, Standar Informasi Keanekaragaman Hayati, Konsorsium untuk Barcode Kehidupan (CBOL), Ensiklopedia Kehidupan (EOL), dan GEOSS.


Dari 2002-2014, GBIF memberikan penghargaan global bergengsi di bidang informatika keanekaragaman hayati, Hadiah Ebbe Nielsen, senilai € 30.000 per tahun. Pada tahun 2018, Sekretariat GBIF saat ini menyajikan dua hadiah tahunan: Tantangan GBIF Ebbe Nielsen dan Penghargaan Peneliti Muda.

No comments:

Post a Comment